Ragam Program Kerja BEM UPNVJ Satu Periode Mendatang

Berita UPN

Dilakukannya penyesuaian terhadap kondisi pandemi Covid-19, beberapa Proker yang dirancang oleh BEM UPNVJ periode 2021 sebagian besar dilaksanakan secara online.

Aspirasionline.com – Rapat Kerja bersama antar Majelis Permusyaratan Mahasiswa (MPM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPNVJ yang dilaksanakan pada Sabtu (20/2), dihadiri sekitar 300 partisipan dari delegasi tiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Melalui aplikasi Zoom meeting dan live streaming Youtube, Presidium 1 Ovilya Audre Fahriz Becquartz Nasution, membuka jalannya rapat dengan pembacaan tata tertib.

Dilanjut oleh Ketua BEM UPNVJ, Rama Fathurachman dengan memperkenalkan kepengurusan BEM-U periode 2021, bernama Kabinet Mardhika. Rama menuturkan, Mardhika memiliki arti sebagai sekelompok intellectual organic yang pekerja keras dan berani.

“Terdiri dari 144 pengurus. Dengan rincian wakil dan ketua, Satuan Pengendali Internal (SPI) dan terbagi menjadi 8 bidang. Masing-masing bidang terdapat dua sampai tiga departemen atau biro,” jelas Rama.

Program Kerja Kabinet Mardhika

Kepala SPI, Agra Sesar Ariadi Putra, turut memaparkan Progam Kerja (Proker) dari SPI. Beberapa proker tersebut meliputi kerja Internal BEM UPNVJ, Performance Appraisal Review Biro/Departemen dan Event, Open Tender & Open Recruitment, dan Sharing is Caring.

Arga menambahkan, sharing is caring memiliki tujuan untuk menambah kesiapan mahasiswa di dunia pekerjaan melalui kemampuan yang dimilikinya.

Sharing is Caring merupakan aktivitas berlajar mengenal beragam profesi pada mahasiswa aktif untuk menjadi yang lebih baik,” ucap Agra.

Amanda Saskia Putri selaku Kepala Koordinator Bidang Internal Organisasi menuturkan, bahwa Biro Sumber Daya Manusia dan Biro Data, Riset dan Perencanaan, menjadi dua biro yang berada langsung di bawah pengawasan Koordinator Bidang Internal Organisasi.

Amanda mengatakan, salah satu proker dari Biro Data, Riset dan Perencanaan, yakni riset kebutuhan kabinet. Kemudian, terdapat proker website Pusat Data Riset (Sataset), di section khusus website BEM-U.

“Kema bisa lihat hasil laporannya, dan hasil riset yang sudah dilakukan bisa menjadi data pendukung, misalkan artikel ilmiah, penulisan jurnal. Jadi seluruh riset yang telah dilakukan akan ada di website sataset ini,” jelas Amanda.

Kepala Koordinator Bidang Komunikasi dan Informatika, Bayu Rizki Rahmat Kartika menjelaskan proker apa saja yang akan dilakukan oleh Biro Hubungan Masyarakat selama satu tahun kedepan. Salah satunya Grand Launching BEM UPNVJ 2021. Sedangkan untuk proker dari Biro Design Komunikasi, Bayu menjelaskan tentang Mardhika Magz atau majalah digital UPNVJ.

“Berisi informasi mengenai kinerja BEM, informasi yang terkait di UPNVJ, dan teknologi yang sedang berkembang di Indonesia,” ucap laki-laki itu.

Lebih lanjut, Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Ulfa Hanifah Nurhaliza menjelaskan proker apa saja yang akan dilaksanakan oleh dua departemen yang ia kepalai. Ulfa menuturkan, untuk proker selama satu tahun dari Departemen Advokasi meliputi Forum Advokasi, Notify Adkesma, Info Penting, FYI Advo, Kajian Advokasi, Hotline Maba, dan Forum Aspirasi Mahasiswa.

Ulfa juga menuturkan tentang salah satu program kerja dari Departemen Sinergitas Ormawa, yakni UKM EXPO. Konsep proker tersebut, nantinya berupa pembuatan video gabungan UKM yang mengambil konsep seperti Youtube Rewind.

 “Untuk memperkenalkan UKM lebih luas, khususnya kepada mahasiswa baru,” terang Ulfa.

Kepala Koordinator Bidang Pengabdian Masyarakat Jaka Alfianto, pun menyampaikan paparan proker dari departemen yang berada di bawahnya, yakni Departemen Lingkungan Hidup. Salah satunya, terdapat proker cerita lingkungan yang dikemas seperti podcast terkait isu lingkungan.

Jaka melanjutkan, Departemen Sosial Masyarakat (Sosmas) memiliki proker Agen Gapai Cita. Program ini bermaksud memberikan pembekalan kepada pelajar jenjang SLTA tingkat akhir dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. “Pembekalan dalam segi bantuan, beasiswa, informasi dan lain-lain,” tambah Jaka.

Koordinator bidang minat dan bakat, Jeremi Patti Moran menyebutkan, salah satu proker yang direncankan oleh Departemen Olahraga yakni Osama BEM sebagai wadah minat dan bakat anggota BEM UPNVJ dengan anggota BEM Fakultas 2021. Pun sama seperti tahun lalu, proker Hero for Indonesia (Heroind) juga menjadi salah satu proker yang ada dalam Departemen Seni Budaya.

Pengembangan Kemampuan Mahasiswa UPNVJ

Program kerja selanjutnya yang dijelaskan dalam room tersebut, dipaparkan oleh Kepala Koordinator Bidang Sosial Politik, Befinka Figiel Yonas. Laki-laki itu menjelaskan salah satu prokernya, yakni Taman Perjuangan. Nantinya, proker tersebut berisi kegiatan pelatihan dan pembinaan seputar kemampuan di bidang sosial politik, seperti tata cara penulisan kajian, manajemen aksi, dan seputar aliansi.

“Taman Perjuangan dilaksanakan dalam kurun waktu sekali dalam setahun,” jelas Befin.

Terakhir, Koordinator Bidang Pendidikan dan Keilmuan, Liza Febriana menyebutkan Webinar Start-Up sebagai salah satu proker Departemen Pemberdayaan Mahasiswa. “Bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta wawasan mengenai dunia Start-Up dan cara memulai Start-Up yang baik dan benar, terlebih pada saat pandemi Covid-19,” ucap Liza.

Sementara proker dari Departemen Prestasi Mahasiswa, diisi dengan program The Prestige, yakni program podcast ataupun video yang dikhususkan untuk mahasiswa berprestasi.

“Seperti video profile mahasiswa berprestasi,” tutup Liza, mengakhiri sesi paparan program Kerja BEM pada hari itu.

Reporter: Azzahra Dhea | Editor: Suci Amalia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *