Pilmapres UPNVJ Perdana


Pilmapres UPNVJ Perdana

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) menyelengarakan ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2019. Mahasiswa yang menang Pilmapres ini akan membawa nama UPNVJ pada tingkat nasional.

Aspirasionline.com — Pilmapres UPNVJ 2019 telah sampai puncak acaranya, yaitu Grand Final Pilmapres UPNVJ 2019 pada Jumat (29/3) lalu. Setelah menghabiskan waktu sebulan lebih oleh BEM dari proses perekrutan relawan, pendaftaran peserta, sampai Grand Final yang memperebutkan juara 1. Pemenang pilmapres ini selanjutnya akan mewakili UPNVJ di pilmapres tingkat nasional.

Acara yang diselenggarakan di Auditorium Bhineka Tunggal Ika UPNVJ ini merupakan acara pilmapres pertama UPNVJ. “Sebenernya kami (BEM, red.) ingin menjadikan BEM UPNVJ sebagai wadah untuk mahasiswa berprestasi yang terpilih melalui pilmapres ini,” tutur Ketua BEM UPNVJ Belly Stanio.

Empat finalis yang berhasil masuk tahap Grand Final yaitu, Marshela Arianty dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) jurusan Kesehatan Masyarakat, Evan Filbert dari Fakultas Teknik (FT) jurusan Teknik Industri, Nacita Putri Anzelia dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) jurusan Ekonomi Pembangunan, dan Keisha Daniela Putri dari Fakultas Kedokteran (FK) jurusan Pendidikan Kedokteran.

Adapun syarat mengikuti ajang Pilmapres 2019 ini yaitu, mahasiswa aktif UPNVJ maksimal mahasiswa program sarjana semester VI dan mahasiswa program diploma semester IV, usia maksimal 22 tahun, IPK rata-rata minimal 3.00, menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) dengan tema “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Develompmet Goals/SDGs)”.

Selain itu, terdapat persyaratan khusus berupa rekapitulasi Indeks Prestasi Semester (IPS), KTI yang ditulis dalam bahasa Indonesia baku, ringkasan KTI yang ditulis dalam bahasa Inggris, maksimum 10 prestasi yang diunggulkan para finalis dilengkapi dengan dokumen yang pendukung, dan video profil diri.

Dalam persiapannya, waktu penyelenggaraan pilmapres ini molor dari yang telah direncanakan oleh BEM sendiri. “Waktu pelaksanaan pilmapres sendiri memang terdapat ketidaksesuaian dan perubahan dengan rencana awal. Terutama waktu pengumpulan berkas pendaftaran awal yang awalnya 1-13 Maret 2019 diperpanjang menjadi 1-16 Maret,” terang Aria Sopan Hidayat, Ketua Pelaksana Pilmapres 2019.

Aria mengatakan, ekstensi waktu pendaftaran itu bukan tanpa alasan. Melainkan, disebabkan oleh jumlah pendaftar yang masih di bawah target. Hal tersebut lantaran kegiatan Pilmapres yang baru untuk mahasiswa UPNVJ dan persyaratan yang mengikuti standar nasional untuk peserta pilmapres 2019.

Juara 1 diraih oleh Evan Filbert dari Fakultas Teknik jurusan Teknik Industri. Evan akan menjadi perwakilan UPNVJ untuk berkompetisi di tingkat nasional bersaing dengan perguruan tinggi lain pada pertengahan tahun nanti. Evan mendapatkan piala beserta sertifikat.

“Saya tidak menyangka atas kemenangan ini. Pertama-tama saya akan menyiapkan mental saya untuk mengikuti pilmapres tingkat nasional dan memperbaiki video profil saya supaya lebih baik dan lebih layak untuk tingkat nasional,” ungkap Evan ketika ditemui ASPIRASI usai acara Grand Final Pilmapres 2019.

Pilmapres ini juga mendapat respon positif dari pihak rektorat. Hal ini dibuktikan dengan adanya dukungan perihal perizinan yang diberikan oleh pihak rektorat. Selain itu, mahasiswa memberikan respon positif atas acara yang diselenggarakan oleh BEM.
”Acaranya keren. Apalagi tadi sempet melihat paparan prestasi mereka yang pintar-pintar banget. Saya berharap semoga acaranya terus berlanjut pada tahun berikutnya,” ujar Egydia, mahasiswa FIKES yang turut hadir di acara pilmapres.

Senada dengan Egydia, Farhan mengatakan penyelenggaraan pilmapres pertama UPNVJ ini sudah cukup bagus. “Untuk keseluruhan, ini sudah bagus sih. Sudah cukup lah untuk pilmapres pertama,” ucap mahasiswa Teknik Industri itu. Meski begitu, kata Farhan, susunan acara ini masih terkesan buru-buru.

Ia memiliki harapan yang sama dengan Egydia. “Semoga mahasiswa-mahasiswa yang daftar bisa lebih banyak lagi daripada sekarang,” harap Farhan.

Reporter: Sarito Mg. |Editor: Fikriyah Nurshafa

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *