banner

Mengedukasi Pengunjung Lewat Bentuk Wisata

Written by

Wisata edukasi keluarga dipinggir ibukota mengajarkan cinta alam bersahabat dengan lingkungan yang bertujuan menjalin ikatan emosional antara anak dan orangtua, medorong motorik anak serta mengajarkan tentang peduli terhadap hewan.

Aspirasionline.com – Seiring perkembangan zaman tempat wisata yang menyajikan udara segar, pepohonan rimbun serta nuansa yang penuh dengan edukasi sulit ditemui di kota – kota besar seperti jakarta. Debu dan polusi, serta kemacetan sangat kental terasa di Jakarta. Kini di Depok berdiri sebuah tempat wisata yang mengusung tema edukasi untuk berlibur bersama keluarga.

Terletak di kawasan Sawangan, Depok. D’kandang Amazing Farm berdiri kokoh dilahan seluas 8 hektar ini, mengobati kita dengan melihat, mendengar dan merasakan nuansa alam yang lestari. Obyek wisata ini mengambil konsep wisata edukatif mengenai perternakan dan pertanian. Dibuka setiap Hari kecuali Hari Jumat, para wisatawan dapat mengunjungi D’Kandang mulai dari jam 08.00 – 16.00, sedangkan untuk Hari Minggu buka dari jam 06.00 – 16.00.

Diresmikan sebagai tempat wisata pada 20 November 2015, Imam Ahmad Muhidin selaku manager wisata D’kandang Amazing Farm menjelaskan bahwa sebelum D’kandang menjadi tempat wisata, dahulunya D’kandang merupakan peternakan sapi kambing etawa sejak tahun 2010. “Dengan adanya kandang sapi dan kambing etawa ini banyak masyarakat lebih mengenal tempat ini dengan sebutan kandang sapi. akhirnya kita berfikir untuk membuat sebuah tempat wisata edukasi alam dengan konsep peternakan dan pertanian yang berbeda dari yang lain,” ungkap Imam.

Mengusung tema wisata edukasi, Imam berpendapat bahwa setiap Wahana yang ditawarkan memiliki nilai manfaat tersendiri bagi para pengunjung. Bertemakan wisata edukasi D’Kandang menyasar semua kalangan pengunjung baik dari kalangan pendidikan seperti Sekolah Dasar, hingga masyarakat umum yang ingin berwisata. “Karena jika hanya mengandalkan kunjungan dari sekolah saja akan menemukan hambatan berupa bulan kosong kunjungan,” Ucapnya.

Pertanian D’Kandang menawarkan wahana seperti menanam tanaman hias, memanen sayur, membuat gerabah dan lainnya yang dapat diakses oleh para pengunjung D’Kandang. Selain itu disini para pengunjung juga dapat melihat hewan–hewan secara dekat serta berinteraksi secara langsung dengan hewan yang ada di peternakan D’Kandang.

“Tetapi kita tetap mengedukasikan kepengunjung bahwa sejinak – jinaknya hewan masih ada sisi liarnya dan itu yang masih harus di waspadai oleh pengunjung sendiri dan tentunya kita tidak akan lepas tangan disetiap wahana hewan ada pengawas yang memang terbiasa dengan hewan ternak tersebut.” Ucap pria yang menjabat sebagai manager wisata.

“Tujuannya ingin Liburan wisata edukasi di D’kandang agar anak-anak mengerti hewan-hewan seperti ini melihat secara langsung selama ini hanya melihat ditv atau diyoutube.”ujar Widiya salah satu pengunjung.

Manfaat yang didapatkan salah satunya adalah edukasi tentang tatacara perawatan ternak dan pertanian, mengetahui proses pemerahan susu dari sapi sampai siap di konsumsi, mengetahui proses penanaman sayur hingga panen dan penyajian diatas meja, mengajarkan motorik halus terhadap anak serta menjalin emosional antara anak dan orang tua menjadi semakin erat.

Selain menawarkan wahana edukasi, D’kandang yang berkonsep fresh food from farm to table turut menyediakan produk pangan olahan kepada pengunjung seperti susu pasterisasi, yoghurt dan olahan makanan lainnya yang dapat langsung dinikmati dan bisa dijadikan sebagai buah tangan.

Penulis : Helen Mg. |Editor :Taufiq Hidayatullah

Article Tags:
· · ·
Article Categories:
Wisata

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *