banner

Konsentrasi Baru Warnai Ilmu Komunikasi

Written by

Program Studi Ilmu Komunikasi menambah konsentrasi Televisi (TV) dan Film di Tahun 2018, berbagai persiapan pun dilakukan.

Aspirasionline.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) pada tahun ajaran 2018/2019 akan membuka konsentrasi baru di Program Studi  Ilmu Komunikasi. Konsentrasi tersebut adalah Televisi (TV) dan Film. Konsentrasi TV dan Film sendiri merupakan suatu bidang pengembangan ilmu dan keahlian bidang televisi dan film yang menghasilkan sumber daya manusia profesional yang menjujung tinggi etika dan nilai budaya.

Hal tersebut kemudian dibenarkan oleh Kepala Program Studi S1 Ilmu Komunikasi, Damayanti. Ia menuturkan bahwa konsentrasi ini direncanakan akan dibuka pada tahun ajaran 2018. “Sehingga konsentrasi yang ada di jurusan ini meliputi Jurnalistik, humas, periklanan serta TV dan film,” jelasnya pada Rabu (06/12).

Tak hanya Damay, Dekan FISIP Antar Venus, mengungkapkan kalau dunia TV dan film merupakan dunia professional. Professional dalam artian senantiasa berkembang dan berintegrasi dengan media-media baru. Hal ini didukung dengan perkembangan TV dan Film di dunia yang sangat pesat seiring dengan majunya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), sehingga banyak diminati oleh para mahasiswa.

Selanjutnya, untuk mendukung jalannya konsentrasi tersebut Antar telah menyiapkan berbagai persiapan. Salah satunya yaitu menyiapkan laboratorium (lab) di lantai empat sebagai fasilitas pembelajaran dengan cara pelebaran, pembuatan prosedur lab, serta pengangkatan kepala lab. Untuk mendukungnya, ia telah menyiapkan dana, “kami anggarkan sebesar tiga milliar untuk penyiapan laboratorium,” ungkapnya pada Selasa (10/12).

Selain dari segi fasilitas, ia menambahkan bahwa pihak FISIP UPNVJ sendiri telah merekrut tenaga pengajar yang memang ahli dalam bidangnya. Sekaligus dengan perencanaan kurikulum dan mata kuliah yang akan dipelajari. “Intinya kita sudah siap dimulai dari kurikulum, mata kuliahnya sudah ada,” tuturnya. Tak hanya mata kuliah, ia mengatakan kalau tenaga pengajar telah dipersiapkan dan mengambil beberapa pengajar dari luar yang memang memiliki latar belakang ilmu TV dan Film.

Selain dari segi internal, konsetrasi ini juga akan berkoordinasi dengan pihak eksternal, yaitu Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang memang sudah membuka konsentrasi TV dan Film sebagai sebuah program studi dengan waktu yang lama. “Kerja sama ini berfungsi untuk meningkatkan berbagai aspek dari konsentrasi baru ini berkaca pada sistematika yang diterapkan di IKJ. Sehingga kelak konsentrasi ini menjadi konsentrasi unggulan ilmu komunikasi UPNVJ,” jelasnya kepada ASPIRASI.

Terakhir, Antar menginginkan agar pembukaan konsentrasi ini dapat sesuai dengan yang direncanakan, walaupun jika nantinya tidak ada yang berminat maka dapat ditutup, karena pada dasarnya konsentrasi sepenuhnya menjadi tanggung jawab fakultas sehingga fakultas memegang kendali atas penutupan konsentrasi tersebut. Meski begitu ,Antar tetap berharap agar konsentrasi tersebut dapat dijadikan wadah pengembangan mahasiswa. “Mahasiswa (dapat, red) menjadikan konsentrasi sebagai wadah pengembangan minat dan bakat dengan baik serta menghasilkan karya-karya yang bagus,” tutupnya.

Reporter : Yuris Mg. |Editor : Ida

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Berita UPN

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *