Berhulu dari Wattpad, Berhilir ke Toko Buku


Berhulu dari Wattpad, Berhilir ke Toko Buku

“Are You? Really?” adalah judul novel debut Innayah Putri yang rilis pada 23 Januari lalu, novel ini diangkat dari tulisannya yang disebarluaskan melalui komunitas penulis online Wattpad.

Innayah Putri adalah mahasiswi semester empat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) jurusan Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Membaca dan menulis cerita adalah cara ia mengisi waktu di kala senggang, atau menghilangkan jenuh di kala suntuk. Perempuan yang akrab disapa Naya ini, memilih komunitas penulis online Wattpad untuk menjadi wadah bagi tulisannya. Beberapa judul cerita pun ia tulis, dengan tujuan untuk sekadar menyalurkan hobi, tak disangka-sangka salah satu tulisannya yang berjudul Are You? Really? memenangkan kontes tahunan yang diadakan Wattpad bernama Wattys Award 2016. Ia sudah gemar menulis sejak kelas lima Sekolah Dasar (SD). Hobi ini terus berlanjut sampai ia memasuki tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Beberapa kali menjalani masa vakum akibat kesibukannya menuntut ilmu, ia mulai aktif menulis lagi memasuki semester pertama perkuliahannya di UPNVJ. Wattpad pun dipilih sebagai saluran tempatnya berkarya. “Menulis tuh tadinya buat saya konsumsi diri sendiri aja, saya tidak berniat untuk publish ke orang,” ucapnya saat ditemui Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Aspirasi di Gedung M. Yamin FISIP Lantai 4 UPNVJ pada Rabu (22/2) siang.

Novel debutnya yang bertajuk Are You? Really? adalah cerita kedua yang ia tulis di Wattpad. Menurut wanita berhijab ini , ia tidak pernah berekspektasi apa-apa dalam menulis cerita ini. Ia sudah cukup senang saat ceritanya menerima respon yang baik dari segelintir pembacanya. “Karena nulis di Wattpad kan gak dibayar, untuk menyalurkan hobi aja,” ujarnya. Konsistensi ia berbuah manis, tulisannya memenangkan penghargaan tahunan yang diadakan Wattpad, Wattys Award 2016 dalam kategori Cerita Luar Biasa. Popularitasnya sebagai penulis di wattpad melonjak. Viewer tulisan-tulisan di profil Wattpadnya meningkat. Setelah, melalui proses editing dan penyesuaian lebih lanjut, novel perdana pun dirilis pada tanggal 23 Januari lalu. Novel dengan tebal 336 halaman ini rencananya akan dilengkapi sebuah mini-novel terpisah yang berisi chapter ekstra dari plot utama. “Novel itu tadinya tebal bangat, 300-an halaman itu belum sama extra chapter. Nah, akhirnya yang extra chapter itu dibuat satu buku lagi. Satu mini-novel. Buat penjualan edisi khusus terbatas,” ungkap perempuan yang juga hobi menonton film ini.

Novel yang berkisah mengenai kisah dua orang remaja yang terluka, menemukan, dan saling mencintai ini, didapat inspirasinya dari kisah Ibunda Naya yang semasa SMA pernah mengembalikan surat cinta dari seorang pria yang memberinya. “Cuma itu doang inspirasinya. Yang lainnya cuma mengalir sendiri aja sih. Soalnya saya kan penulis yang tidak bisa pakai outline. Karena kalau pakai (outline) gue bakal terkekang. Mengalir aja, dan Alhamdulillahnya bisa keterusan (sampai selesai),” kata perempuan berwajah manis ini.

Meski ia sadar masih banyak hal yang menjadi kekurangan dalam Are You? Really? Naya mengaku sudah cukup puas. Bahkan, menurut Naya versi terbitan dari Are You? Really? menyuguhkan cerita yang lebih ringan dan mudah diterima pembaca. Naya berpesan kepada pembaca novelnya, agar mencari makna dan pesan positif. Ia ingin agar pembaca mampu membedakan mana hal-hal di dalam ceritanya yang bertujuan untuk menghibur dan menjadi kebutuhan cerita sehingga tidak perlu ditiru, dengan hal-hal yang benar-benar mengandung pesan positif dan patut untuk ditiru. “Apa yang baik dari novel saya, mudah-mudahan diambil hikmahnya. Mudah-mudahan ada amanat yang bisa diambil dari novel saya yang kayak gitu. Dan mudah-mudahan yang gak baik silakan ditinggalkan aja, cuma sebagai hiburan aja,” kata perempuan kelahiran Tangerang ini.

Kedepannya, Naya masih akan terus menulis. Saat ini ia sedang berkutat dengan novel ketiganya yang sudah bisa diikuti di Wattpad, berjudul If Only. Menurut Naya, If Only akan menjadi cerita yang lebih matang dari novel perdananya.Desain tokoh yang lebih menantang juga menambah rasa antusiasme Naya dalam menulis cerita terbarunya ini. “Karena novel Are You? Really? kan masih seklise itu. Ini juga klise sih, cuma kalo dulu berkutat di SMA dan yang novel ketiga ini di perkuliahan,” tutupnya.

Reporter : Berlian Mg. |Editor : Haura

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *