Terjebak Nostalgia

Terjebak Nostalgia

Aspirasionline.com – Kafe yang terletak di Jl. Pinang Raya No. 10, Rawamangun, Jakarta Timur itu menawarkan suasana baru dan berbeda dari kafe lain pada umumnya. Kafe yang telah dirintis sejak 5 Desember 2015 lalu, sengaja diciptakan dengan nama yang unik agar dapat menarik perhatian konsumen, “Kalau konsep dari kafe ini memang sengaja mencari yang berbeda sehingga dapat menarik perhatian, sedangkan menunya sendiri menyesuaikan dengan konsepnya melalui pemilihan nama menu,” ujar Awang, pemilik kafe yang diberi nama “Rumah Mantan Kafe & Nostalgia”.

Meskipun pada awal mula berdirinya usaha tersebut memiliki banyak kendala, namun seiring berjalannya waktu hal itu dapat diatasi dan hingga bisa menjadi lebih baik daripada saat pertama kali berdiri. “Selama tiga bulan pertama kami berdiri jujur kami memang kesusahan karena pada dasarnya kami gak ada yang tau apa-apa tentang bisnis ini, tapi kami menerima kritik serta saran dari pengunjung yang datang dan Alhamdulillah mulai bulan ke-empat kami dapat melakukan peningkatan yang signifikan,” tutur pria berumur dua puluh tahun tersebut. Kafe ini selalu dipadati oleh pengunjung yang dibuka mulai pukul 17.00 – 22.00 WIB.

Di dalamnya terdapat dua tipe ruangan dimana setiap ruangan memiliki konsep yang berbeda, untuk ruangan indoor pengunjung akan melihat sebuah tembok yang berisi “pohon galau” dimana tertempel foto-foto mantan dari para pengunjung.Tidak hanya itu saja,hiasan-hiasan yang ada seakan mempertegas dari konsep yang diusung kafe ini, salah satu yang cukup menarik perhatian pengunjung ialah “papan quotes” yang berisi quotes tentang cinta atau patah hati yang membentang sepanjang ruangan kafe.“Untuk papan quotes kami hanya menyediakan papan tulis serta kapurnya, sedangkan kalimat-kalimat yang ada murni tulisan dari pengunjung” jelasnya. Quotesnya akan dihapus empat hari sekali supaya pengunjung yang lain dapat menuliskan kembali dan supaya tidak bosan dengan quotes yang itu-itu saja. Sedangkan, untuk ruangan outdoor terdapat sebuah taman kecil, panggung musik, serta sebuah televisi untuk para pengunjung. Dari segi fasilitasnya sendiri kafe ini menyediakan wi-fi, smoking area, live musik khusus hari sabtu dan minggu, serta tv yang diproyeksikan ke layar besar yang ditampilkan setiap saat.

Menu yang ditawarkan cukup beragam mulai dari menu utama, pasta, camilan, hidangan penutup hingga jenis minuman yang beragam berkisar antara 6.000 rupiah hingga 40.000 rupiah. Kafe ini juga menawarkan promo spesial bagi pengunjung yang berfoto dan mengunggah foto ke media sosial, yang nantinya akan dipilih oleh pihak kafe. Hal ini pun diakui oleh Cindy yang merupakan pelanggan tetap dari Rumah Mantan ini, “Saya tau tempat ini karena teman-teman saya update di-Path dan Instagram, hingga akhirnya saya menjadi sering datang kesini dengan pasangan, karena selain unik tempatnya juga cozy,” ujarnya.

Reporter: Taufiq Mg. | Editor: Haura

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *