banner

Pengenalan Kehidupan Kampus UPNVJ Ditutup Dengan Parade UKM

Written by

Aspirasionline.com – Sebagai seorang mahasiswa tentunya mempunyai kewajiban untuk belajar dan menyelesaikan bangku perkuliahan, yang kemudian mendapat gelar. Tak hanya dituntut dalam segi akademis namun, hak sebagai mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya di bidang non-akademis pun harus terpenuhi. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu wadah yang menampung minat dan bakat seluruh mahasiswa dikampus. UKM ini lah yang nantinya dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya. “Mahasiswa inikan harus dipenuhi semua nya, tidak hanya dituntut belajar tok, mahasiswa yang punya bakat atau seni bidang olah raga ya tersalurkan lewat ukm,” ujar Sargi selaku ketua Kerjasama Mahasiswa (Kermawa).

Sebagai perguruan tinggi yang baru saja berganti status menjadi negeri, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) memiliki lima kategori UKM yang dapat dijadikan wadah mahasiswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Kategori nya yaitu seni, minat dan bakat, olahraga, bela diri serta kerohanian. Dari kategori seni sendiri terdapat, UKM Band UBV, Gita Advayatva, MC, Seni Tari Veteran Jakarta (STVJ), Teater Hijau 51 dan UFO. Kategori minat dan bakat ada UKM Aspirasi sebagai pers kampus, Girigahana sebagai pencinta alam dan Resimen Mahsiswa atau yang dikenal sebagai Menwa. Kategori olahraga ada UKM Basket, BUVEJA atau dikenal sebagai UKM Bulutangkis, UVFC atau Bola, Voli dan Catur. Kategori bela diri ada Jujitsu, Boxer dan Pencak Silat. Lalu untuk kategori kerohanian ada UKM AGAPE, Keluarga Mahasiswa Katolik atau akrab di kenal KMK, serta Uswah.

Memasuki tahun ajaran baru 2015/2016, terdapat parade UKM dalam serangkaian pengenalan kampus yang diadakan oleh universitas. Parade sebagai pengenalan UKM yang terdapat di UPNVJ, di ikuti sebanyak sembilan belas UKM. Sama seperti tahun lalu, serangkaian parade dibuka dengan perwakilan UKM yang mengiringi banner masing-masing lalu menampilkan dan atau mempresentasikan kegiatannya berdasarkan kategori UKM, kemudian ditutup oleh penampilan flashmob oleh semua UKM yang mengikuti parade. Perbedaannya adalah di parade inbound 2015, tiap UKM melakukan kolaborasi dengan UKM lainnya yang termasuk didalam kategorinya.

Parade UKM menjadi penutup dari serangkaian pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Parade yang ditutup oleh penurunan baliho dan penampilan Flashmob dari seluruh UKM yang mengikuti parade dan juga beberpa mahasiswa lainnya yang juga ikut memeriahkan keberlangsungan flashmob yang menjadi acara penutup inbound tahun ini. “Sebenernya sih kalo flashmob lebih kebersamaan sih, dari kita mahasiswa terus juga kita menarik si maba untuk berseneng-seneng bersama gitu, ujar Lutfi dari UKM UBV. Flashmob tahun ini berlatarkan lagu shake it off – taylor swift yang nantinya akan dibawakan oleh UKM UBV saat flashmob berlangsung. Latihan yang hanya memakan waktu dua hari ini, Lutfi berharap “gue juga bingung ini baru dua kali latihan, semoga acara parade ini kita tampil dengan total, lebih keren lagi dan dapat membagakan UPN,” tutur mahasiswa fakultas ilmu komputer.

 

Penulis: Helena

Article Tags:
Article Categories:
Berita UPN · Kabar Kampus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *