M-Bloc Space, Wajah Ruang Publik Kreatif di Sudut Blok M

M-Bloc Space, Wajah Ruang Publik Kreatif di Sudut Blok M

16 rumah dan gudang bekas pegawai Peruri, kini sukses disulap menjadi M-Bloc Space. Tempat kumpul muda-mudi Jakarta yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat kumpul, tetapi juga sebagai wadah berkreasi serta berkolaborasi bersama.

M-Bloc Space sukses menjadi tempat kumpul anak Jakarta yang resmi didirikan pada 26 September 2019, bangunan yang dulunya adalah rumah dan gudang Peruri ini dialihfungsikan menjadi ruang untuk industri kreatif dengan tetap menjaga bentuk asli bangunan. Seperti menemukan angin segar, kini anak-anak muda Jakarta menemukan tempat baru untuk berkumpul dan berdiskusi dengan nyaman di M-Bloc Space.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di M-Bloc Space terpampang box besar yang memanjang ke atas bertuliskan “Inclusivity” berisikan jadwal berbagai kegiatan seni yang diadakan di kota Jakarta. Pada tembok depan M-Bloc Space juga terdapat “Ronarasa” yang berbentuk kapsul dibuat dengan tujuan untuk menggugah komunikasi nyata antarmanusia, dibuat oleh arsitek Kariswan dan Astrid Prasta.

Selain itu, bagian depan M-Bloc Space juga terdapat kedai makan dan kopi yang berjajar, yaitu Padang To Go, Mr. Roastman, Mbok doro, Katong, Tjikini, Tokyo Skipjack, Temu Coffee, Chikro, Suwe Ora Jamu, kedai ice cream Gelato, dan Rumah Lestari.

Tidak hanya tempat makan dan kopi, di M-Bloc Space juga terdapat toko Mata Lokal yang menjual beragam barang berbahan lokal dan juga memamerkan produk desainer lokal. Ada juga Demajors, tempat yang menjual berbagai CD dan mendengarkan musik.

Bagi kalian yang gemar membaca, di M-Bloc Space juga terdapat toko buku Connectoon yang menjual berbagai komik dan merchandise dari kreator. Selain itu, juga terdapat Union Well yang merupakan brand dari David, personil Band NAIF, menjual barang-barang nuansa vintage dan memamerkan benda-benda seni lainnya.

Pada area belakang M-Bloc Space terdapat Live House yang menjadi tempat berlangsungnya musik dari berbagai band yang selalu diadakan dengan rutin setiap malamnya. Selain Live House, juga terdapat sembilan aneka mural yang banyak dijadikan spot yang cukup Instagrammable bagi kalangan anak muda.

Hal ini dikatakan oleh salah satu pengunjung M-Bloc Space, Kasania namanya. “Di sini tempatnya Instagrammable, ya. Bisa buat foto-foto. Terus kek tempat nongkrongnya juga cozy (nyaman, red.) gitu,” jelas Kasania ketika diwawancarai ASPIRASI mengenai daya tarik M-Bloc Space untuk dikunjungi.

Menurut Kasania, lokasi M-Bloc Space cukup strategis dan menunjang ruang publik ini takkan sepi pengunjung. “Pasti jadi tempat nongkrong, ya. Apalagi ini dekat dengan halte busway, terus dekat sama kantor-kantoran, jadi kayak pulang kantor atau pergi-pergi-an kesini,” katanya.

M-Bloc Space tidak menyediakan parkiran motor, hanya ada parkiran sepeda yang disediakan untuk umum. Untuk fasilitas lain yang disediakan cukup memadai, seperti adanya mushola, toilet accessible, toilet pria dan wanita. Namun menurut Febrina, salah satu pengunjung, bangku yang disediakan masih terbilang kurang saat banyak pengunjung yang berdatangan.

So far sih fasilitas masih memadai ya karena juga belum terlalu rame. Kalau tempat duduknya kan dikit tapi kalau rame ya mungkin kurang,” tuturnya ketika ditemui ASPIRASI pada Selasa, (3/12).

Jam operasional M-Bloc Space mulai dari pukul 09.00 WIB. Sedangkan pertokoan di sana baru dibuka pada pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB. Untuk ruang Live House, jadwal bisa berubah-ubah, jika akhir pekan bahkan bisa sampai pukul dua pagi.

“Untuk jam operasionalnya itu kita dari jam 9, kalau kafe dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Kalau untuk ruang itu tergantung harinya, kalau weekend bisa sampai jam 2,” jelas Agi Vegiantora selaku petugas keamanan.

Reporter: Meiliana Mg. |Editor: Timotius Ginting.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *