banner

Kemeriahan Grand Final Abang None Buku Jakarta 2015

Written by

Aspirasionline.com- Acara grand final Abang None (Abnon) Buku 2015 dengan menyongsong tema “Membentuk Duta Menebar Budaya Baca” berjalan sangat meriah dengan gaya formalnya. Terlihat dari antusias penonton dan supporter masing-masing wilayah yang datang bersama atributnya. Acara yang berlangsung sejak 29 Oktober ini diikuti oleh enam pasang grandfinalis dari berbagai wilayah, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu.

Berbagai hiburan seperti tembang Koes Plus dan tarian khas betawi menemani padatnya penonton malam itu. Pukul 19.00 WIB barulah acara dibuka dengan menyayikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, dan sambutan Tinia Budiati selaku kepala Badan Perpustakaan & Arsip Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta. Adapun kegiatan ini dijurii oleh Dewi Huges, Robert Silalahi, Agus Suradika dan Nining L. Karim.

Setelah satu jam dipenuhi oleh hiburan, barulah masuk kedalam acara inti yaitu pemilihan Abang & None Buku Provinsi DKI Jakarta 2015. Dimulai dengan pengambilan undian, peserta memasuki sesi tanya jawab untuk menilai seberapa siap peserta menjadi duta buku dan mengajak masyarakat untuk membaca. Selesai itu, sembari menunggu hasil penghitungan dewan juri, acara dilanjutkan kembali dengan hiburan oleh Yok Koeswoyo, salah satu personel Koes Plus.

Tepat jam 21.00 WIB, wakil gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat hadir memasuki ruangan yang disambut  hangat penonton. Setelah beramah tamah, lelaki berpakaian batik merah tersebut ikut bergabung dalam panggung bersama Yok Koeswoyo. Ditambah seru lagi ketika Djarot menyanyikan lagu Hey Jude yang di populerkan oleh Band Inggris  yaitu The Beatles dan dilanjutkan dengan lagu Medley Nusantara.

Setelah penilaian dewan juri, terpilihlah 15 pasang finalis yang maju ke babak berikutnya. Sesi pertanyaan pun dimulai kembali  untuk pemilihan sepuluh pasang yang akan maju pada babak selanjutnya. Setelah melewati serangkaian proses, akhirnya terpilih lah enam pasang Abang None Buku DKI Jakarta diantaranya, Jufin  (Universitas Trisakti) dan Putri Nav (Universitas Pendidikan İndonesia) sebagai Abang None Buku, Rizki Dwi Cahya dan Laras Kiranasai (London School PR Jakarta) sebagai wakil 1 Abang None Buku, Putra Abimayu (Universitas Sampoerna) dan Vannesa (Universitas Trisakti) sebagai wakil 2 Abang None Buku.

Selanjutnya Surur (Universitas Negeri Jakarta) dan Arlaine Nuwanda (Universitas Negeri Jakarta) sebagai Abang Buku Persahabatan, Raynaldi (SMAN 1 Jakarta) dan Zikra Maharani (SMAN 68 Jakarta) sebagai Abang Buku Favorit, dan İndra Gunawan (SMAN 69 Kepulauan Seribu) bersama Dwitya Resti (İnstitute Pertanian Bogor) sebagai Abang Buku Berbakat.

Setelah itu acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada masing-masing pemenang oleh wakil gubernur DKI Jakarta. Pemenang Pemilihan Abang None Buku DKI Jakarta, diharap mampu mensosialisasikan program-program peningkatan minat baca yang ada di BPAD Jakarta maupun program-program inovasi yang dikembangkan oleh Ikatan Abang None Buku DKI Jakarta (IKANOBU).

Penulis : Helena

Article Categories:
Nasional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *