Revolusi Baru IKA

Berita UPN Kabar Kampus
Rapat IKA
Rapat IKA

Aspirasi.com – Acara diesnatalis IKA UPNVJ yang kedua kali ini diselenggarakan di auditorium lantai 4 gedung Jendral Soedirman UPNVJ. Acara dimulai pada hari Sabtu (19/5) pukul 16.20 yang di buka oleh moderator yaitu ketua umum IKA Mulyadi Widodo. Acara yang beragendakan rapat dan syukuran diesnatalis ini dihadiri oleh 12 orang pengurus dari 20 orang pengurus yang ada.
Dalam rapat pengurus, dibahas mengenai program kerja yang akan dilakukan dalam beberapa waktu kedepan. Kongres mengamanatkan bahwa IKA harus memiliki divisi ekonomi agar dapat membantu membiayai kegiatan yang ada. Koperasi IKA merupakan salah satu kegiatan usaha yang akan dicapai IKA dalam waktu dekat yaitu pada bulan Juni. Jenis usaha yang akan dijalankan adalah dalam bidang barang dan jasa, bukan kegiatan simpan pinjam. Usaha tersebut akan berlokasi diluar lingkungan kampus.
Koperasi yang akan didirikan bertujuan untuk mampu membiayai kegiatan IKA sendiri “bisa menghasilkan keuntungan sedikit untuk membiayai organisasi, inikan organisasi sosial”, ujar Mulyadi Widodo bapak dari dua orang anak ini. Sehingga tidak hanya mengandalkan alumni saja karena pihak UPNVJ hanya memberikan fasilitas tempat saja. Terdapat beberapa kendala yang dialami dalam upaya mendirikan koperasi yaitu menyelesaikan urusan administrasi untuk mendirikan koperasi, serta kesepakatan calon anggota dalam bentuk komitmen untuk menjalankan koperasi.
Setelah membahas koperasi yang akan dijadikan kegiatan usaha, IKA juga membahas mengenai diselenggarakannya Job Fair di UPNVJ yang bekerja sama dengan instansi terkait yang menyediakan lowongan pekerjaan bagi para lulusan atau mahasiswa UPNVJ dalam mencari pekerjaan. Acara tersebut akan di selenggarakan pada bulan September yang bertempat di UPNVJ. Sosialisasi yang akan dilakukan yaitu dengan mempublikasikan kegiatan tersebut. Job Fair yang diselenggarakan oleh IKA di sponsori oleh perusahaan Djarum yang membantu membiayai kegiatan tersebut dan UPNVJ memberikan fasilitas tempat saat acara berlangsung. Diharapkan tidak ada kendala dalam melaksanakan acara tersebut “harusnya engga ada kendala kalo hanya job fair”, ujar Mulyadi Widodo yang gemar menulis.
IKA juga memiliki program yaitu membantu Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) di UPNVJ dalam mencari sponsor untuk kegiatan yang akan diselenggarakan ORMAWA. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu memberikan proposal yang berisi kegiatan yang akan dilaksanakan, dan diberikan kepada IKA untuk diberikan kepada sponsor. Tidak ada batasan kuota ORMAWA untuk memberikan proposal kepada IKA. Proposal yang disetujui akan dikirimkan kebutuhan yang dibutuhkan kepada ORMAWA langsung dan bukan kepada IKA. Cara untuk mensosialisakan program tersebut dengan cara membagikan surat undangan kepada ORMAWA yang ada di UPNVJ. Untuk saat ini IKA akan menunggu proposal yang akan diajukan sampai bulan November dan akan di buka kembali setelah proposal yang diajukan telah dikirimkan.

– Nadia Mg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *