banner

Efek Rumah Kaca Ciptakan Single “Biru”

Written by

 

Aspirasionline.com – Baru sebulan lalu merilis single “Pasar Bisa Diciptakan”, band asal Jakarta Efek Rumah Kaca (ERK) kembali menghadirkan single terbarunya yang berjudul “Biru”. Menurut band yang terdiri dari Cholil Mahmud (vokal, gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal latar, bass), Akbar Bagus Sudibyo (drum, vokal latar) ini,  dasar dari “Biru” telah ada sejak album pertama mereka.

“Ide dasarnya adalah elaborasi lebih lanjut dari lagu ‘Cinta Melulu’, tentang kegelisahan Efek Rumah Kaca terhadap proses berkarya sebuah karya seni dengan posisinya di pasar/industri”.

Single terbaru ERK ini dikatakan memiliki sudut pandang tersendiri bagi sang vokalis Cholil. Dengan seiring berjalannya waktu, ERK tidak lagi sekeras dulu, mereka ingin lebih tenang dalam meneriakkan sesuatu. Maka dari itu banyak lirik yang diganti sebelum “Biru” dilempar ke pasar.

“Yang jelas, “Biru” dibuat untuk kami sendiri, tidak ada rencana untuk membuat manifesto atau apapun itu. Ini hanya cermin kegelisahan kami,” ujarnya Cholil.

Lagu yang berdurasi hampir 10 menit ini ternyata memuat dua fragmen lagu yang tergabung di dalamnya. Di paruh pertama ERK memuat versi pendek dan radio edit dari “Pasar Bisa Diciptakan”. Kemudian pada paruh keduanya, diisi oleh lagu yang berjudul “Cipta Bisa Dipasarkan”.

“Secara terpisah, fragmen-fragmen tersebut masing-masing mewakili dua angle dalam proses penciptaan karya dalam kesenian, yakni secara internal dan eksternal. Keduanya membentuk secara utuh. “Biru” sebagai rangkuman pemikiran Efek Rumah Kaca tentang pentingnya eksplorasi dalam proses berkarya,” jelas mereka dikutip dari Rolling Stone Indonesia.

Setidaknya “Biru” jadi penawar rindu bagi para penikmat karya-karya ERK sebelum album ketiga mereka rilis di 2016 mendatang. Single ini juga sudah bisa diunduh secara gratis melalui akun resmi Soundcloud Efek Rumah Kaca. So, seperti apa lagu “Biru” yang dari dua fragmen ini ?

 

 

Penulis : Vony

 

Foto : Istimewa

Article Categories:
Culture · Musik · Nasional

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *