Sertifikat Profesional Memudahkan Mahasiswa Mendapat Pekerjaan

Berita UPN

37 mahasiswa FIK mendapatkan sertifikat profesional dimana sertifikat tersebut berguna dalam mencari pekerjaaan, terlebih apabila sertifikat tersebut bersifat internasional.

Aspirasionline.com – Acara Penyerahan Sertifikat Profesional Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Pembangunan “Veteran” Jakarta (UPNVJ) diselenggarakan pada Jumat, 24 Februari 2017 yang bertempat di ruang rapat nusantara satu gedung rektorat lantai dua. Acara ini dihadiri oleh 37 mahasiswa FIK jurusan teknik informasi angkatan 2014. Agenda dalam acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama yang dipimpin oleh salah satu mahasiswi FIK yaitu Arindiah Rahmawati, disusul dengan sambutan dekan FIK dan rektor, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat keahlian dari PT. Multimatics kepada mahasiswa oleh rektor dan ditutup dengan doa bersama.

Sebanyak 37 orang yang mendaftar untuk mendapatkan sertifikat tersebut dan semuanya lulus. Namun, pada saat penyerahan sertifikat keahlian berlangsung terdapat beberapa orang yang berhalangan hadir.

Nidjo Sandjojo selaku dekan FIK mengatakan bahwa kerjasama ini terbentuk sejak ia menjabat sebagai dekan FIK pada tahun 2013. Sejak menjabat sebagai dekan, Nidjo berusaha mencari mitra kerja yang bisa memberikan sertifikat. Hasil yang didapat dari kerjasama ini adalah sertifikat di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Nidjo mengutamakan bahwa setelah lulus mahasiswa tidak hanya mendapat gelar sarjana komputer tetapi juga mempunyai kemampuan untuk terjun ke dunia nyata atau dunia kerja. “Dunia perkuliahan adalah dunia maya, sedangkan dunia kerja adalah dunia nyata,” jelasnya.

Pria yang mempunyai hobi menyelam tersebut mengatakan bahwa dalam dunia kerja mahasiswa mempunyai kemampuan yang siap digunakan, salah satunya adalah sertifikat dari PT. Multimatics dan sertifikat tersebut bersifat internasional jadi dapat berlaku dimana saja. “Misalkan mahasiswa dapat melamar pekerjaan di Dubai, maka tanpa melihat gelar sarjana komputer sudah bisa diterima” ungkapnya.

Arindiah Rahmawati, salah satu penerima sertifikat keahlian mengaku senang mendapatkan sertifikat ini. “Perasaan mendapat sertifikat keahlian ini tentunya senang karena sebelumnya melaksanakan Try Out untuk mengerjakan soal di Laboratorium bersama-sama sebelum melaksanakan ujian,” ujarnya.

Arindiah mengatakan bahwa cara untuk mendapatkan sertifikat ini dengan cara mendaftar lalu membayar biaya sebesar Rp450.000 dan nantinya mahasiswa akan mendapatkan ID dan password. Sebelum mengikuti ujian, mahasiswa akan mengerjakan Try Out melalui web yang tersedia. Ujian dilaksanakan secara online dengan menggunakan bahasa Inggris karena sertifikat ini merupakan sertifikat internasional. Ia berharap sertifikat ini berguna dalam pemilihan jurusan kerja nantinya.

Nidjo Sandjojo juga berharap mahasiswa yang lulus dari FIK UPNVJ paling tidak mempunyai satu sertifikat keahlian. Ia menuturkan bahwa dengan adanya sertifikat tersebut akan memberi kemudahan bagi mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja.

Reporter : Hasna Mg. |Editor : Sasgia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *