Blackbox Meriahkan Perayaan Dies Natalis FISIP

Blackbox Meriahkan Perayaan Dies Natalis FISIP

Blackbox tahun ini berisi tiga rangkaian acara. Dimulai dari pelaksanaan Road to Blackbox, FISIP days, dan ditutup dengan pelaksanaan Peak Night

Jumat (29/11) merupakan malam puncak dari rangkaian acara Blackbox yang merupakan kegiatan tahunan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Blackbox merupakan rangkaian acara yang ditujukan untuk memeriahkan acara dies natalis FISIP UPNVJ.

Blackbox pada tahun ini mengusung tema ‘Mind Manifesting Youth’. Ditemui tim ASPIRASI di tengah jalannya acara, Ketua Umum Blackbox, Arghy Farhan Dhia menjelaskan inti dari tema yang diusung adalah mengenai kepemudaan.

“Kepemudaan disini adalah dimana pemuda itu bisa memanifestasikan pemikirannya dalam suatu karya yang dapat bermanfaat bagi banyak orang,” ucap Arghy.

Lebih lanjut, Arghy menjelaskan bahwa Blackbox pada tahun ini memiliki tiga rangkaian acara. Arghy menjelaskan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan Blackbox dibuka dengan kegiatan Road to Blackbox.

“Di Road to Blackbox itu kita mengadakan Band Competition. Nah juara-juaranya itu tampil di Peak Night,” ujar Arghy.

Arghy mengatakan setelah pelaksanaa Road to Blackbox dilanjut dengan kegiatan FISIP Days. Arghy menjelaskan, FISIP days merupakan ajang apresiasi internal FISIP untuk mahasiswa FISIP yang berprestasi.

“Selain itu FISIP days juga sebagai bentuk awarding kepada staff, dosen, dan semua yang menjadi bagian dari FISIP,” jelas Arghy. Lalu rangkaian acara ini ditutup dengan Peak Night sebagai penutup dari pelaksanaan Blackbox.

Menurut Arghy, dengan keseluruhan panitia berjumlah 93 orang ia mengaku teknis persiapan pelaksanaan acara Blackbox tahun ini sudah berjalan baik.

Alhamdulillah, sampai saat ini acaranya berjalan lancar,” ungkap pria dari jurusan Komunikasi Angkatan 2016 tersebut.

Arghy menjelaskan pengumpulan dana dilakukan dengan mengandalkan sponsorship dan juga internal panitia melalui dana usaha dan kerja sama lainnya.

“Sponsor untuk acara ini sendiri didapat dari Pegadaian, ANTV, Kapal Api Signature, Kino, Mentos, Relaxa, dan Kinako,” ujar Arghy.

Untuk masalah konsep, Blackbox tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Bila tahun lalu konsep acara BlackBox hanya diperuntukkan untuk mahasiswa FISIP, maka tahun ini acara dapat dirayakan oleh mahasiswa dari fakultas lain.

“Tahun lalu Blackbox hanya dirayakan untuk internal FISIP. Tahun ini kami kembalikan lagi seperti awal yaitu untuk umum,” jelas Arghy.

Peak Night Tak Mati Meski Diguyur Hujan

Gerimis hujan tak menyurutkan mahasiswa untuk hadir dalam pelaksanaan Peak Night Blackbox UPNVJ. Makin malam penonton semakin antusias untuk menunggu kehadiran Ian Kasela yang merupakan bintang utama pada pelaksanaan Peak Night Blackbox.

Apalagi di tengah pelaksanaan acara panitia menyalakan kembang api yang membuat kesan meriah meliputi pelaksanaan Peak Night Blackbox.
Project Officer Peak Night, Nada Novia Putri mengaku tidak ada kendala dalam persiapan acara panitia erarti selain keterlambatan vendor. Namun ia mengaku kendala tersebut dapat diatasi dengan baik oleh panitia dan tidak mengganggu berjalannya acara.

“Persiapan seperti susunan acara, dekorasi, dan perlengkapan, semuanya sudah panitia persiapkan dengan matang,” ungkap mahasiswi jurusan Hubungan Internasional tersebut.

Nada menjelaskan Peak Night tahun ini diisi dengan bebagai penampil dengan bintang tamu utama yaitu Oomleo Berkaraoke featuring Ian Kasela dan Om PMR yang tutur memeriahkan jalannya acara.

Nada mengakui sempat ada permasalahan teknis seperti pergantian bintang tamu utama dari Andika Kangen Band menjadi Ian Kasela.

“Karena ada kendala dengan masalah akomodasi dan waktunya sudah mepet, jadi panitia mutusin buat take down dan ganti jadi Ian Kasela,” jelas Nada.

Nada juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan Peak Night adalah untuk mewadahi kreatifitas warga-warga UPNVJ dalam menunjukan karya mereka.

“Juga untuk menunjukan eksistensi dari UPN itu sendiri dengan menghadirkan acara-acara kampus seperti ini,” tutur Nada

Ditemui secara terpisah, Pradana, alumni Ilmu Komunikasi 2013 mengakui pelasanaan Blackbox tahun ini sudah berjalan bagus. Ia berharap agar kedepan Blackbox dapat menampilkan guest star yang lebih menarik.

“Saya berharap tahun depan acara ini bisa lebih baik lagi dan terus ada tiap tahun. Karena bagaimana pun juga, acara ini merupakan salah satu kebanggaan dari FISIP,” kata Pradana.

Pendapat berbeda disampaikan oleh Zharfa Safira, Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2018. Menurutnya, bintang tamu Peak Night kali ini sudah menarik.

“Seru ngundang guest star-nya, enak buat joget gitu. Kelihatan penonton yang lain juga banyak yang ikutan joget. Jadi ya seru aja,” ungkapnya.

Zhafra berharap bintang tamu untuk acara ini ke depannya dapat lebih banyak lagi agar acara perayaan ulang tahun FISIP ini makin meriah.

Sebagai penutup acara, Om PMR memulainya dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membuat penonton ikut bernyanyi khidmat. Setelah itu barulah mereka membawakan lagu-lagu andalan. Suasana panggung acara pun berakhir dengan begitu meriah melalui penampilan dari lagu-lagu mereka.

Reporter: Fathiya Mg. |Editor: M. Faisal Reza.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *