Kopi Keliling (Koling) Sajikan Menu Kopi Layaknya Sebuah Kafe

Kopi Keliling (Koling) Sajikan Menu Kopi Layaknya Sebuah Kafe

Aspirasionline.com – Tak hanya sediakan kopi dengan harga terjangkau, Koling yang berada di wilayah Tugu Jogja juga menyediakan kopi dengan image kafe kopi.

Berbicara tempat wisata tidak lengkap rasanya jika tidak diikuti dengan wisata kuliner. Ada salah satu wisata kuliner unik di Tugu Jogja yang sayang apabila dilewatkan. Wisata kuliner tersebut adalah Kopi Keliling (Koling) yang menyuguhkan enam menu kopi. Dari keenam menu tersebut, terdapat tiga varian rasa yang disajikan, antara lain kopi arabica, robusta, dan blend yang dapat dikombinasikan dengan susu. Koling dikonsep dalam image kafe kopi yang berada di jalanan dari pukul 21.00 – 03.00 WIB.

Selain konsepnya yang unik, kopi-kopi tersebut diproduksi menggunakan biji kopi yang diambil langsung dari petani. Nikolas Deni Firma salah satu pendiri Koling, mengatakan bahwa biji kopi tersebut di-roasting sendiri olehnya. Nikolas bersama dengan kakaknya, Donatus Dayu Pratama, mendirikan usaha ini pada Agustus 2015 silam dengan modal enam juta Rupiah.

Salah satu pelanggan Koling, yaitu Kiki Luqman mengatakan bahwa koling merupakan kopi keliling yang variatif. “Jarang-jarang ada kopi keliling yang disajikan seperti Koling. Harganya juga termasuk murah,” ujarnya pada ASPIRASI. Harga dari menu-menu di Koling berkisar lima ribu sampai sepuluh ribu Rupiah.

“Awalnya usaha ini bernama Coffee Road. Sekarang sudah berganti menjadi Kopi Keliling (Koling),” tutur Nikolas yang merupakan mahasiswa UPN “Veteran” Yogjakarta angkatan 2013 saat ditemui ASPIRASI pada Jumat, 24 Juni 2016. Perubahan nama ini dikarenakan adanya peraturan untuk membuat CV dan PT yang mengharuskan menggunakan Bahasa Indonesia. Ia mengatakan, bahwa usaha ini direncanakan menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Saat ini Nikolas tengah menyiapkan sepuluh gerobak yang akan ditempatkan di beberapa wilayah kota Yogyakarta seperti Malioboro, Alun-alun, dan Prambanan. Tidak sampai disitu pria kelahiran 4 Juli 1995 ini mengatakan bahwa ada rencana untuk membuka usaha ini di Jakarta. Selain itu, ia juga merencanakan untuk menambah menu kopi yang ada antara lain coffee latte dan cappuccino.

Reporter: Donal Cristoper S. |Editor: Hersa Khoirunisa

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *