banner

Kolaborasi ala Nofa-Gema

Written by

Aspirasionline.com – Senin (24/5) lalu, pasangan Nofa dan Gema resmi terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) lewat pemilihan umum. Pasangan ini berhasil mengungguli lawannya, pasangan Felldy dan Rifqa, dengan perbandingan jumlah suara 313:188. Berbagai program kerja yang baru pun telah dipersiapkan Nofa dan Gema ini untuk satu periode kedepan. “Tetep menghormati budaya–budaya FISIP. Seperti FISIP Days dan BlackBox yang harus ada setiap tahunnya. Namun tetap ada inovasi baru,” ujar Nofa Ksatria, sang ketua BEM terpilih kepada ASPIRASI (25/5).

Nofa mengungkapkan bahwa inovasi yang pertama adalah lomba Karya Tulis Ilmiah yang dapat diikuti oleh para mahasiswa, baik mahasiswa FISIP maupun mahasiswa luar FISIP, hingga pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Inovasinya yang kedua adalah membuat semacam katalog perusahaan yang akan diisi oleh pengusaha–pengusaha muda dari FISIP. “Tapi ketika di FISIP-nya masih kurang, itu bakal saya buka untuk tingkat umum, baik mahasiswa maupun restoran–restoran luar yang berani masuk katalog kami,” ujarnya.

Sedangkan inovasinya yang ketiga adalah Turnamen Futsal FISIP UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Ia berkata bahwa turnamen ini akan memiliki dua kategori, kategori pertama yaitu futsal antar SMA, dan kategori yang kedua yaitu futsal antar mahasiswa. Ia mengharapkan turnamen futsal ini bisa mendongkrak nama FISIP ke tingkat universitas luar khususnya di Jabodetabek maupun di Jawa Barat.

Untuk mewujudkan inovasinya itu, Nova mengakui ada berbagai kendala yang menghadangnya, khususnya di bidang pendanaan. Ia mengatakan jika jumlah dana yang dikeluarkan oleh pihak universitas maupun fakultas terbilang sedikit jika dibandingkan dengan banyaknya acara yang menanti. “Untung–untungnya kalau dapet sponsor, ya kalau nggak gimana,” ungkapnya miris.

Sedangkan kendala lainnya adalah sikap apatisme dari mahasiswa–mahasiswanya sendiri. Namun, untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, Nofa sudah memiliki kunci utamanya, yaitu dengan adanya sebuah kabinet bernama Elaboratif, akronim dari Eksplor, Kolaborasi, dan Aktif, di BEM dan kolaborasi yang baik antara ia dengan wakilnya.

“Ya secara tidak langsung saya berasal dari internal BEM FISIP itu sendiri selama dua tahun, saya punya wakil yang aktif di MPA Girigahana. Jadi saya punya kolaborasi yang baik sih antara saya yang bakal sering main di internal dengan wakil saya yang bakal sering main di eksternal,” ujar pria yang hobi bermain basket ini. Ia pun mengaku optimis jika sikap apatis dari mahasiswa–mahasiswa FISIP ini akan dapat ditekan, apalagi jika melihat antusiasme mereka dari Pemilihan Raya kemarin.

Ditanya mengenai harapan kedepannya, Nofa berharap dirinya akan diberi kelancaran dan kemudahan ketika menjadi pemimpin. Ia juga berharap agar semua program kerjanya dapat terlaksana, dan tentunya agar sikap apatis dari mahasiswa–mahasiswa FISIP ini akan dapat berkurang. “Dengan cara apapun itu lah bakal saya lakuin,” ujarnya menutup pembicaraan.

Reporter : Aprilia Zul |Editor : Haris Prabowo

Article Tags:
· ·
Article Categories:
Berita UPN · Kabar Kampus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *