Pelantikan Wali Kota Somersworth Gunakan Bahasa Indonesia

Pelantikan Wali Kota Somersworth Gunakan Bahasa Indonesia

Apirasionline.com – Ada kejadian langka yang terjadi di negara bagian New Hampshire, Amerika Serikat pada Sabtu (9/1). Untuk pertama kalinya, diadakan pengambilan sumpah jabatan seorang Wali Kota Somersworth dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Sang Wali Kota, Dana S. Hilliard sendirilah yang meminta agar bahasa Indonesia turut dibacakan dalam pembacaan Ikrar Setia (Pledge of Allegiance) bersama dengan Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis.

Pembacaan Ikrar Setia dalam Bahasa Indonesia itu dilakukan oleh Abigail Johan, seorang pelajar Sekolah Menengah Somersworth di Ruangan City Hall Somersworth, New York.

Seperti yang dilansir dari Antara News, hubungan antara sang Wali Kota dengan Indonesia memang cukup dekat. Dalam tiga tahun terakhir, kerja sama antara Pemerintah Kota Somersworth dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York dan Komunitas Indonesia terjalin dengan erat.

Bentuk kerjasama tersebut diantaranya adalah pengenalan Bahasa Indonesia, pengenalan seni dan budaya melalui pagelaran seni yang diselenggarakan oleh Komunitas Indonesia bekerjasama dengan KJRI New York dan didukung oleh Pemerintah Kota Somersworth.

Indonesia pun menjadi satu-satunya perwakilan dari negara asing yang hadir pada acara pelantikan tersebut.
Ini merupakan kali kedua Hilliard terpilih sebagai Wali Kota.

Selesai acara, Hilliard meluangkan waktu untuk berbincang dan berfoto bersama diaspora Indonesia yang hadir pada malam itu. KJRI pun memberikan Hilliard cinderamata berupa kemeja batik sebagai ucapan selamat sekaligus bentuk penghargaan dan terima kasih atas perhatian dan dukungannnya kepada rakyat Indonesia di Kota Somersworth yang berjumlah sekitar lima ratus orang. Dilansir dari Rappler, Hilliard pun berterima kasih dan berjanji akan memakai kemeja batik tersebut pada acara perayaan masyarakat atas terpilihnya Wali Kota (pesta rakyat) Februari mendatang.

Reporter : April Mg  |Editor : Fitri Permata S.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *