banner

Dari Ahli Besi Hingga Menjadi Rektor

Written by


Aspirasionline.com – Prof.Ir. Eddy Sumarno Siradj, M.Sc. Ph.D adalah rektor baru di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ). Pria kelahiran kepulauan Riau ini menjabat menjadi rektor atas wewenang dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) untuk memimpin UPNVJ selama satu periode. Profesor Eddy sudah banyak berkecimpung didunia pendidikan sampai sekarang dan statusnya masih menjadi guru besar Universitas Indonesia (UI).

Ia adalah anak ke 12 dari 14 bersaudara, yang hidupnya berpindah – pindah sejak kecil karena profesi ayahnya sebagai seorang Camat sampai akhirnya kini bisa hidup di Jakarta. Banyak sekali ilmu – ilmu yang ia ketahui tentang kimia dan baja, karena keahliannya itu ia sering dikontrak oleh perusahaan besi dan baja. Selain pengalamannya dibidang baja, ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Penelitian dan Pekembangan (LITBANG) di KEMHAN dan akhirnya menjadi rektor.

“Untuk UPN yang sekarang sudah berstatus Negeri banyak yang harus diperbaiki” Tegas Eddy selaku Rektor UPNVJ. Sebelum UPN menjadi Negeri banyak yang mempertanyakan tentang status penegerian UPN, karena hal itu banyak cemoohan tentang singkatan “UPN”. “Saya ingin membawa UPN untuk menjadi universitas benar – benar Negeri dan tidak ingin mendengar keributan antar fakultas ataupun demo” tegas pria yang kerap disapa prof.

Dalam perjalanan hidupnya ia sering ditarik kesana dan kesini sampai akhir ia bisa memegang jabatan tertinggi di UPNVJ. “Tidak pernah terfikirkan untuk saya menjadi rektor” Tuturnya.

Faiz

Article Categories:
Culture · Tokoh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *