Tempat Ibadah Beralih Menjadi Objek Wisata

Nasional Wisata

Aspirasionline.com – Menggilanya dunia sosial media serta pemburu selfie memicu banyaknya lokasi peninggalan sejarah dan tempat ibadah yang dijadikan objek wisata. Salah satunya adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkartta, yang terletak di Jalan Nenas, Desa Warung Loa, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pura yang didirikan pada tahun 1995 ini diklaim sebagai lokasi wisata dikarenakan terdapat nuansa Bali yang dikolaborasikan dengan latar Gunung Salak. Ditambah tidak dipungut biaya dan berlokasi di pegunungan, menjadikan Pura ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dianggap sebagai tempat persemayaman dan pemujaan terhadap Prabu Siliwangi beserta parahyangab atau leluhur, tempat ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Arfi salah satu wisatawan asal Tangerang mengatakan bahwa kedatangannya menikmati pemandangan. “Cuma mau tau langsung aja puranya itu sama persis gak kaya yang di foto dari Google,” ujarnya ke ASPIRASI pada Senin (18/1).

Made Sumiarti Sadnya, selaku pengurus pura sebenarnya tidak pernah terfikirkan untuk menjadikan Pura ini menjadi tempat wisata. “Kita tidak pernah menghimbau, mereka datang sendiri, dan Pura ini sebenarnya bukan tempat wisata, cuma karena sudah salah kaprah dengan di Bali ya dijadikan seperti objek wisata,” ujarnya pada Senin (18/1).

Sama seperti pura lainnya, Pura Parahyangan memiliki aturan dan tata tertib yang berlaku, yaitu salah satunya adalah wanita yang sedang datang bulan dan pengunjung selain umat Hindu dilarang masuk kedalam tempat ibadah.

Reporter : Deden Mg.  |Editor : Mevi Renanda

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *