Eksistensi Cosplay Masa Kini

Eksistensi Cosplay Masa Kini

Apirasionline.com – Tak sedikit masyarakat yang menyukai cosplay. Kegiatan meniru pakaian, aksesoris dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime ini memang masih marak di kalangan remaja.

Alasan mereka pun beragam, mulai dari menyukai karakternya, ingin melatih kreatifitas dalam pembuatan kostum, menambah teman baru, hingga belajar bekerja sama.

Seperti Jefry, salah satu cosplayer (pelaku cosplay, red) ini menyukai film anime Jepang dan ingin menirukan karakter dari anime tersebut. Karena itu, ia jadi sering mengikuti event-event cosplay. ”Hampir dua puluh kali ikut event cosplay, yang paling mengesankan di Ennichisai dan GJ UI (Gelar Jepang Univeristas Indonesia, red),” ungkap Jefry.

Hobi berbusana ala karakter anime Jepang tak hanya sekedar menggunakan kostum saja, cosplay juga dapat melatih keberanian untuk tampil di depan umum. ”Disaat kita harus menampilkan suatu kabaret dari suatu anime, disitu kita harus mampu bicara, berakting, dan mendalami karakter dari tokoh yang kita perankan,” jelas Daus, salah satu anggota Anime Central Project.

Tak jarang, hobi ini juga dapat menghasilkan uang. Seperti yang dikatakan oleh Daus, ia suka mendapat fee apabila ada acara cosplay.

Sampai saat ini peminat cosplay pun masih banyak. Seperti yang terlihat pada acara Final Impacnation Festival Matsuri 2 yang belum lama diselenggarakan di sebuah pusat perbelanjaan bilangan Jakarta Selatan, pada Minggu (10/1) lalu.

Berbagai kompetisi sampai band asal Jepang juga tak ketinggalan menjadi penarik pengunjung. Para remaja mendominasi acara tersebut, mereka pun ada yang hadir sebagai cosplayer, adapula yang hanya ingin menyaksikan cosplay.

Reporter : Alfian Mg |Editor : Fitri Permata.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *