banner

Tampilan Baru Hidangan Bakso

Written by

Bakso menjadi makanan masyarakat Indonesia yang terus berinovasi, salah satunya Bakso Item yang berada di daerah Beji Kota Depok.

Aspirasionline.com – Bakso merupakan salah satu kuliner yang tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Beragam bentuk olahan bakso pun terus diinovasi oleh para pengusaha di bidang kuliner. Salah satunya Bakso Item yang memiliki cita rasa unik. Pasalnya, kedai yang berada di daerah Beji Timur Kota Depok ini menjual hidangan bakso dengan kuah berwarna hitam yang berasal dari campuran bumbu bakso dan bumbu rawon.

Pemilik kedai ini ialah lelaki asal Nganjuk yang kerap disapa Pakde Bewok. Alex yang merupakan salah satu pelayan di kedai ini mengatakan bahwa inovasi dari kuah Bakso Item bermula dari ketidaksukaan Pakde Bewok terhadap aroma kuah bening dalam hidangan bakso pada umumnya. “Jadi Pakde tuh tidak suka dengan aroma yang dikeluarkan kuah bakso pada umumnya, jadi ia mecoba mencari inovasi baru untuk pengolahan bumbu kuah bakso sehingga dapat menarik minat pengunjung,” ujar lelaki berusia 24 tahun itu, Selasa (14/2).

Kedai ini menyajikan dua jenis bakso, yakni bakso urat dan bakso polos yang penyajiannya didampingi oleh tulang ayam lunak yang telah direndam dalam bumbu selama seharian. Kuah bakso yang berwarna hitam tersebut berasal dari campuran bumbu bakso dengan bumbu rawon yang proses pengolahannya pun berbeda dari bakso yang dijual di tempat lain. “Bahan – bahan yang digunakan hampir sama dengan bahan kuah bakso pada umumnya, cuma beda di cara pengolahannya aja, yang mana bumbu baksonya dicampur dengan bumbu rawon jadi warnanya hitam gitu,” ujar lelaki yang memiliki hobi di bidang olahraga itu. Bumbu bakso yang dipakai merupakan bumbu yang standar seperti bawang merah dan putih serta lada, lalu bahan – bahan tersebut digoreng diatas minyak panas. Setelah semua bahan digoreng, barulah dimasukkan kedalam tumbukan untuk dihaluskan.

Harga yang ditawarkan untuk satu mangkok bakso ialah Rp 14.000. Dalam sehari omset yang didapat tidak menentu tergantung kondisi pelanggan. “Sehari itu kita gak ngitung berapa porsi bakso yang dijual, tergantung dalam sehari itu ramai pengunjung atau tidak,” tambah lelaki yang telah bekerja di kedai Bakso Item selama 5 tahun. Kedai Balso Item dibuka setiap hari sabtu sampai dengan kamis pukul 10.00 – 20.00 WIB.

Berkat keunikan kuah baksonya, tak heran banyak pengunjung yang penasaran dan langsung mencoba Bakso Item. “Memang pas awal melihat penampilan bakso ini agak segan untuk makan karena kuahnya yang warna hitam dan banyak tulang ayamnya. Tapi, setelah saya coba ternyata rasanya enak dan rempah – rempah dari bumbunya juga terasa,” ujar Dwi, salah satu pengunjung yang menikmati Bakso Item pada Selasa (14/2). Lokasi kedai yang berada di daerah strategis membuat para pengunjung tidak merasa kesulitan untuk menjangkaunya. “Kalau dari segi tempatnya sudah cukup nyaman apalagi lokasinya juga gampang untuk dijangkau,” tambah mahasiswi berusia 20 tahun itu.

Kedai Bakso Item Pakde Bewok ini memang belum memiliki cabang, namun kedepannya para pegawai memiliki keinginan untuk membuka cabang baru. “Namanya juga usaha pasti ada keinginan untuk maju, apalagi punya cabang,” tutup Alex.

Reporter : Syafira Mg. |Editor : Winda

Article Tags:
Article Categories:
Kuliner

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *